Sinyal Semakin Menguat, Apakah Jokowi Reshuffle Kabinet Pekan Ini?

Rizky Alika
13 April 2021, 21:03
reshuffle, kabinet, jokowi
ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto/wpa/hp.
Presiden Joko Widodo (kanan) memimpin upacara pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020). Jokowi dikabarkan akan melakukan kocok ulang Kabinet pada April 2021 seiring perubahan nomenklatur Kementerian.

Sinyal perombakan kabinet (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju semakin dekat seiring dengan perubahan nomenklatur kementerian. Beredar pula informasi bahwa kocok ulang dilakukan Presiden Joko Widodo pada pekan ini.

Namun, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan reshuffle belum akan dilakukan pada minggu ini. Meski begitu, ia enggan memerinci waktu pelaksanaan perombakan kabinet tersebut. "Belum," kata Heru saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (13/4).

Advertisement

Senada, Juru Bicara Fadjroel Rachman juga mengatakan belum ada konfirmasi bahwa reshuffle akan dilakukan pada minggu ini. "Belum ada konfirmasi. Sabar ya," ujarnya.

Sebelumnya Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin kepada sejumlah awak media mengatakan Jokowi akan merombak kabinet pada pekan ini. Meski demikian, ia belum dapat memastikan siapa saja personel baru pembantu Presiden.

Politikus senior dari PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan, perombakan kabinet pasti akan terjadi seiring dengan perubahan nomenklatur kementerian tersebut. Namun, ia mengaku belum mendapatkan banyak informasi terkait perombakan kabinet tersebut.

Dia hanya memastikan, keputusan itu ada di tangan Presiden Joko Widodo. "Reshuffle pasti terjadi sebagai konsekuensi dari perubahan nomenklatur kementerian," kata Hendrawan, Senin (12/4).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement