Jokowi Bahas Investasi, Vaksin, Hingga Myanmar Dengan Kanselir Jerman

Rizky Alika
14 April 2021, 11:19
jokowi, jerman, angela merkel, vaksin, covid-19
Katadata
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Angela Merkel pada Selasa (13/4). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Angela Merkel secara virtual pada Selasa (13/4) sore. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas sejumlah isu mulai dari investasi, vaksin, hingga isu Myanmar.

Dalam pertemuan, Jokowi menawarkan Merkel untuk membangun kawasan industri khusus di Batang, Jawa Tengah. Selain itu, Jokowi juga mengajak Jerman  untuk meningkatkan investasi dan membangun basis produksi dan rantai pasok global di kawasan.

"Saya menawarkan kepada Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang,” kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan pers, Rabu (14/4).

Salah satu kerja sama yang ditawarkan adalah pengembangan sumber daya mansuia melalui sekolah vokasi. Apalagi menurut Jokowi, Indonesia baru saja mengeluarkan Undang-Undang Cipta Kerja yang bisa mendukung investasi.

Terkait kesehatan, kedua pemimpin tukar pikiran mengenai penanganan Covid-19 di masing-masing negara. Keduanya menyampaikan kekhawatiran dengan masih terus terjadinya nasionalisme vaksin yang akan menganggu ketersediaan vaksin dunia dan menggangu kesetaraan akses vaksin.

Selain itu Presiden menyampaikan, kasus positif di Indonesia sudah mulai membaik. Capaian ini diperoleh lantaran protokol kesehatan terus dijalankan serta penerapan kebijakan lockdown skala mikro sampai pada tingkat desa.

Jokowi mencatat, angka positif virus corona di Indonesia sempat mencapai lebih dari 14 ribu pada Januari. Sementara dalam dua minggu terakhir, angka positif berkisar 4 sampai 5 ribu per hari.

Presiden juga menjelaskan mengenai program vaksinasi yang sudah mulai dilakukan di Indonesia dengan vaksin Sinovac serta AstraZeneca. Kepala Negara juga menekankan pentingnya RI dan Jerman untuk membangun kerja sama kesehatan ke depan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...