Jokowi Minta Kepala Daerah Cek Lapangan: Jangan Cuma Puas Baca Laporan

Rizky Alika
15 April 2021, 11:37
jokowi, daerah, kepala daerah, anggaran
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seorang tamu undangan merekam Presiden Joko Widodo saat berpidato secara virtual dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Ancol, Jakarta, Selasa (9/2/2021). Presiden dalam pidatonya selain mengapresiasi peran insan pers yang membantu pemerintah mengedukasi penerapan protokol kesehatan juga mengatakan pemerintah membebaskan pajak penghasilan karyawan bagi wartawan untuk meringankan beban insan pers Indonesia di tengah menghadapi masa sulit akibat pandemi COVID-19.

Para kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 telah dilantik dan menjalankan tugasnya. Presiden Joko Widodo pun berpesan kepada mereka agar tidak puas hanya dengan membaca laporan.

Presiden juga meminta kepala daerah tidak hanya mengikuti prosedur yang ada namun harus berorientasi pada hasil dan tujuan. Tak hanya itu, mereka juga harus berani berinovasi dan cepat beradaptasi.

"Jangan hanya puas membaca laporan saja. Cek di lapangan, lihat di lapangan, kontrol di lapangan," kata Jokowi pada Pengarahan kepada Peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/4).

Selain itu, Mantan Wali Kota Solo itu meminta kepala daerah untuk membuat kebijakan dengan skala prioritas. Dengan demikian, alokasi anggaran akan lebih fokus pada satu program.

Kepala daerah juga diminta untuk tidak membuat banyak kegiatan lantaran sulit dikontrol. "Sementara, semakin sedikit kegiatan akan semakin gampang ngeceknya, dan hasilnya akan semakin keliatan," ujar dia.

Untuk itu, ia meminta kepala daerah untuk membuat dua hingga tiga kegiatan yang berskala besar. Dengan demikian, program tersebut akan memberikan dampak yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...