Bio Farma Masih Negosiasi, Harga Vaksin Sinopharm Belum Diputuskan

Rizky Alika
15 April 2021, 21:34
vaksin, bio farma, covid-19, sinopharm, bumn
ANTARA FOTO/REUTERS/Sebastian Castaneda/AWW/dj
Petugas kesehatan menyiapkan suntikan vaksin virus corona (COVID-19) buatan Sinopharm, di Lima, Peru, Selasa (9/2/2021). PT Bio Farma belum menetapkan harga vaksin Sinopharm yang akan digunakan untuk vaksinasi mandiri.

PT Bio Farma (Persero) masih belum memutuskan usulan harga vaksin Covid-19 buatan Sinopharm yang akan dipakai untuk vaksinasi mandiri. Ini lantaran mereka masih bernegosiasi mengenai harga dengan produsen.

Sebelumnya mereka mendapatkan komitmen pasokan 35 juta vaksin virus corona untuk program vaksinasi mandiri atau gotong royong dari tiga merek vaksin Covid-19. Ketiganya adalah Sinopharm, CanSino, dan Sputnik V dengan kemungkinan datang pada minggu keempat April.

Advertisement

 “Harganya termasuk dalam negosiasi,” kata Corporate Secretary Bio Farma Bambang Heriyanto kepada Katadata.co.id, Kamis (15/4). Senada, Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi ketika dikonfirmasi juga mengatakan pihaknya belum menerima usulan harga dari Bio Farma.  

Sebelumnya Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan meski harga ditetapkan Kemenkes, namun acuan tarif berdasarkan usulan Bio Farma yang telah diverifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Bio Farma menargetkan vaksin Sinopharm paling cepat akan tiba pada minggu keempat April ini.  Bambang mengatakan pihaknya masih mengejar target yang ditetapkan. “Kami usahakan akhir April atau awal Mei 2021,” katanya. 

Sebelumnya Honesti mengatakan semua korporasi yang terlibat dalam vaksin gotong royong ini akan mendaftarkan jumlah karyawan dan anggota keluarganya. Selanjutnya data diserahkan ke Kementerian Kesehatan untuk menentukan kebijakan harga hingga layanan vaksinasinya.

"Kami di Bio Farma juga akan melakukan registrasi tapi khusus untuk BUMN," ujarnya pada Kamis (8/4).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement