Menkes Ingin Polemik Vaksin Nusantara Diputuskan Lewat Forum Ilmiah

Ameidyo Daud Nasution
19 April 2021, 11:10
vaksin, vaksin nusantara, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers terkait kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021). Budi berharap perdebatan Vaksin Nusantara bisa berlangsung lewat forum ilmiah.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan dirinya mendukung keberadaan vaksin lokal untuk memutus penularan Covid-19, termasuk vaksin Nusantara. Meski demikian, seluruh pengembangan vaksin harus melalui proses pengujian yang benar.

Salah satu pengujian dilakukan lewat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hingga forum dan jurnal ilmiah. Ia juga meminta semua pihak tak menghabiskan waktu berdebat di media massa dan media sosial terkait vaksin Nusantara.

“Itu hanya menghabiskan energi kita,” kata Budi dalam sebuah webinar yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan, Minggu (18/4).

Pengembangan vaksin Nusantara terus ramai sepanjang pekan lalu usai sejumlah politisi menyatakan dukungan dan siap disuntik. Beberapa yang memberikan dukungan antara lain politisi Partai Golkar Aburizal Bakrie, mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Gatot Nurmantyo hingga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco beralasan keikutsertaannya lantaran mendukung vaksin buatan dalam negeri. “Adanya Vaksin Nusantara akan menambah kekayaan vaksin, apalagi ini produksi dalam negeri,” katanya.

Di sisi lain, vaksin yang dikembangkan Terawan Agus Putranto ini belum mendapatkan lampu hijau BPOM untuk menjalani uji klinis kedua. Kepala BPOM Penny K Lukito mensyaratkan perbaikan harus dilakukan, jika pengembangan vaksin Nusantara ingin berlanjut.

"Ada koreksi dari BPOM dan harus ada perbaikan dulu kalau mau maju ke fase kedua," kata Penny saat konferensi pers di PT Bio Farma (Persero), Bandung, Jumat (16/4).

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...