Kemenkes Bikin Laman Khusus Data Vaksinasi Corona, Pantau Progresnya!

Ameidyo Daud Nasution
19 April 2021, 14:16
data vaksinasi, data vaksin, covid-19, virus corona, kementerian kesehatan
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 tahap kedua kepada seorang pekerja sektor pariwisata di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (10/4/2021). Vaksinasi yang difasilitasi oleh Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Sulawesi Tengah itu menyasar sedikitnya 710 orang pekerja sektor pariwisata. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/aww.

Kementerian Kesehatan sedang menjalankan program besar yakni menggelar vaksinasi Covid-19 sejak awal tahun. Oleh sebab itu mereka menyiapkan sebuah laman khusus yang berisi dashboard data vaksinasi secara nasional hingga di seluruh daerah Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap dengan adanya situs tersebut, maka program vaksinasi bisa berjalan secara transparan. Dengan begitu, pemberian vaksin bisa dilakukan cepat dan tepat sasaran.

Advertisement

Adapun laman tersebut dapat diakses  melalui https://vaksin.kemkes.go.id/#/vaccines. Dashboard tersebut dilengkapi sejumlah tabel mulai dari jumlah vaksinasi, provinsi terbanyak, hingga progres pemberian vaksin di tingkat kota dan kabupaten.

“Nanti bisa terlihat daerah mana yang cepat menjalankan program vaksinasi,” kata Budi dalam sebuah sesi webinar, Minggu (18/4).

Berdasarkan data dalam dasbor tersebut, jumlah penduduk yang telah menjalani vaksinasi corona dosis pertama mencapai 10.830.267 orang hingga Minggu (18/4). Adapun, jumlah yang telah menjalani hingga dosis kedua berjumlah 5.912.616 orang.

Berdasarkan wilayah, DKI Jakarta merupakan Provinsi dengan rasio tertinggi jumlah penduduk yang telah menerima vaksin yakni 849.048 atau setara 28 persen penduduknya.

Di peringkat dua adalah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 166.091 atau 25 persen dari sasaran vaksinasi yang telah terpenuhi. Bali berada di peringkat ketiga dengan 164.895 atau 23 persen penduduk yang menerima vaksin.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement