Hasto Ceritakan Isi Pertemuan 2 Jam Mega-Nadiem, Tak Bahas Reshuffle

Rizky Alika
21 April 2021, 21:32
reshuffle, nadiem makarim, megawati, pdip, politik
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers tentang Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (21/12/2019). Hasto menceritakan isi pertemuan Mendikbud Nadiem Makarim dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Selasa (20/4) membahas agenda pendidikan.

Pertemuan antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjadi ramai jelang reshuffle kabinet. Namun, Sekretaris Jenderal partai banteng Hasto Kristiyanto mengatakan pembicaraan Mega dengan Nadiem tak membahas posisi mantan bos Gojek itu di Kabinet.

Sebelumnya, Nadiem menemui Mega untuk berdiskusi selama dua jam soal strategi mempercepat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila. Hal ini diketahui dari unggahan foto pada akun Instagram Nadiem, Selasa (21/4).

Hasto menjelaskan pertemuan tersebut banyak membahas persoalan pendidikan sebagai dasar kemajuan Indonesia. Selain itu, pertemuan tersebut merupakan bagian dari agenda berkala antara Mega dengan  Presiden Joko Widodo dan para pembantunya.

“Harus dipahami bahwa PDI Perjuangan selalu memegang prinsip terjadi atas keputusan Presiden,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4).

Ia lalu menjelaskan, selama dua jam pertemuan, Nadiem memaparkan bagaimana caranya membumikan nilai Pancasila dengan inovasi dan terobosan. Sedangkan Mega menyampaikan pentingnya pendidikan karakter dan cinta tanah air melalui praktek dan tak hanya teori.

“Ibu Mega juga banyak meneritakan pengalamannya ketika diminta Bung Karno belajar di Perguruan Cikini yang didirikan para pejuang perempuan,” kata Hasto.

PDIP juga memandang hal yang sedang dilakukan Nadiem saat ini perlu mendapatkan dukungan. Apalagi posisi Mendikbud merupakan pembantu Presiden yang harus menjalankan kebijakan dengan baik.

“Terlebih pendidikan juga harus mengedepankan objektivitas, rasionalitas, dan semangat juang menguasai ilmu pengetahuan,” katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...