Singapura & Malaysia Kirim Kapal Bantu Pencarian KRI Nanggala di Bali

Rizky Alika
22 April 2021, 14:19
KRI nanggala, kapal selam, alutsista, singapura, malaysia, tni
ANTARA FOTO/Eric Ireng/rwa.
FOTO ARSIP - Heli Bell 412 EP milik Skuadron Udara 400 Wing Udara 1 Puspenerbal bermanuver di atas Kapal Selam KRI Nanggala-402, saat Latihan Kerjasama Taktis KRI dan Pesawat Udara 2014 di Laut Jawa 50 Mil Utara Tuban, Jatim, Selasa (6/5/2014). Singapura dan Malaysia membantu pencarian hilangnya kapal selam ini.

Berbagai negara menawari bantuan untuk mencari kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali sejak Rabu (21/4). Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan Malaysia dan Singapura telah mengonfirmasikan akan mengirimkan kapal bantuan.

Kapal milik Singapura, MV Swift Rescue dijadwalkan akan tiba di perairan Bali pada 24 April mendatang. Sementara, kapal Mega Bakti milik Malaysia diperkirakan sampai pada 26 April.

"Penawaran bantuan dari negara sahabat, yang pertama dari Singapura. Kemudian Malaysia," kata Riad saat menggelar konferensi pers yang disiarkan dari Bali, seperti disiakan Kompas TV, Kamis (22/4).

Tak hanya itu, tawaran bantuan juga datang dari beberapa negara, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Turki, India, Rusia, dan Australia. "Tapi nanti kami akan ikuti prosedur," ujar dia.

Selain itu, Badan SAR Nasional (Basarnas) akan memberikan bantuan dengan menggunakan kapal. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan membantu pencarian dengan melibatkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan.

Selanjutnya, KRI Rigel dengan nomor lambung 933 yang turut ikut serta dalam pencarian pesawat Sriwijaya Air juga akan membantu pencarian KRI Nanggala. Saat ini, ada lima KRI dan satu helikopter yang melakukan operasi pencarian dengan kekuataan personel 400 orang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...