Periksa RJ Lino, KPK Dalami Pengadaan Crane di Pelindo II

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2021, 19:03
kpk, rj lino, pelabuhan, pelindo
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Tersangka mantan Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Richard Joost Lino (kiri) bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/4/2021). KPK mendalami ketersngan Lino mengenai proses pengadaan crane di tiga pelabuhan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa mantan Direktur PT Pelindo II Richard Joost Lino pada Senin (26/4). Pemeriksaan dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan kasus pengadaan quay container crane (QCC).

Lino telah ditahan KPK pada 26 Maret 2021, lebih dari lima tahun sejak ditetapkan sebagai tersangka pada Desember 2015. Dalam pemeriksaan, penyidik KPK mendalami peran Lino dalam pengaturan pengadaan tiga QCC Pelindo II tahun 2010 silam.

“Tim penyidik memeriksa tersangka untuk melengkapi berkas perkara dimaksud,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/4).

 RJ Lino ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga memerintahkan pengadaan tiga QCC dengan menunjuk langsung perusahaan HDHM (PT Wuxi Hua Dong Heavy Machinery. Co.Ltd.) dari Tiongkok sebagai penyedia barang.

Menurut KPK, pengadaan tiga unit QCC tersebut tidak disesuaikan dengan persiapan infrastruktur yang memadai, sehingga menimbulkan inefisiensi atau dengan kata lain pengadaan tersebut sangat dipaksakan.

 Berdasarkan laporan audit investigatif Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tahun 2010 Nomor: LHAI-244/D6.02/2011, kasus dugaan korupsi yang menjerat RJ Lino ini diduga merugikan negara Rp 50,03 miliar.

Meski demikian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak menghitung nilai kerugian yang pasti. Ini lantaran bukti pengeluaran riil HDHM atas pengiriman tiga unit QCC tersebut tak diperoleh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...