Covid-19 Makin Ganas, India Catat Rekor Lonjakan 418 Ribu Kasus Baru

Ameidyo Daud Nasution
7 Mei 2021, 16:28
covid-19, corona, india, 3m
ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/hp/cf
Adnan Abidi Seorang perempuan menangis saat proses kremasi suaminya, yang meninggal dunia akibat penyakit virus korona (COVID-19), di sebuah krematorium di New Delhi, India, Rabu (5/5/2021).

Situasi Covid-19 di India semakin menunjukkan kondisi yang memprihatinkan. Pada Jumat (7/5), mereka melaporkan rekor lonjakan kasus corona sebanyak 418.188 pasien.

Ini berarti sepanjang pekan ini, kasus corona di Negeri Bollywood telah meningkat sebanyak 1,57 juta orang. Kasus Covid-19 melonjak seiring festival keagamaan dan kampanye politik menarik puluhan ribu orang dan menjadi 'super spreader'  virus.

Gelombang kedua Covid-19 di India juga semakin mematikan. Angka kematian melonjak 3.915 sehingga total 234.083 orang meninggal dunia usai terkena penyakit ini.

Perdana Menteri Narendra Modi juga telah banyak dikritik lantaran tidak bertindak cepat untuk menekan gelombang kedua ini. Tak hanya itu, Modi juga diminta untuk memacu vaksinasi demi meningkatkan kekebalan warga.

Hal tersebut lantaran angka pemberian vaksin terus menurun. Padahal India merupakan produsen vaksin terbesar di dunia dan telah mengamankan paling tidak 157 juta dosis vaksin corona.

“Setelah rata-rata empat juta per hari, saat ini vaksinasi di India turun ke 2,5 juta per hari karena terbatasnya pasokan,” kata Profesor Ekonomi dari University of British Columbia Prof. Amartya Lahiri seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (7/5).

Beberapa negara bagian di India telah memberlakukan pembatasan sosial demi membendung penularan corona. Namun pemerintah federal masih menolak memberlakukan lockdown secara nasional.

“Kami akan mengalahkan Covid-19, tapi saat itu ribuan akan kehilangan nyawa,” kata kolumnis Vir Sanghi.

Krisis juga terlihat di beberapa wilayah. Di Chennai, Tamil Nadu hanya satu dari 100 tempat tidur rumah sakit yang mendapatkan pasokan oksigen. Adapun di Bengaluru, Karnataka, hanya tersedia 23 dari 590 tempat tidur ICU yang kosong.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...