3,6 Juta Orang Serbu Jakarta Usai Lebaran, Menhub Usul Vaksin Gratis

Rizky Alika
10 Mei 2021, 17:28
vaksin gratis, arus balik, mudik, covid-19, menteri perhubungan
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/pras.
Pemudik sepeda motor memadati jalur pantura Karawang, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). Kemenhub siapkan lokasi tes corona untuk mengantisipasi pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

Sejumlah masyarakat tetap pulang ke kampung halaman meski ada larangan mudik lebaran. Kementerian Perhubungan memperkirakan, sebanyak 3,6 juta orang akan kembali ke Jakarta pada tiga hari setelah lebaran atau Minggu (16/5).

Untuk itu, ia meminta pemudik menunda waktu kepulangan agar tidak bertemu di satu tempat tertentu. Selain itu, pemerintah akan melakukan pengetesan kasus Covid-19 secara intensif di beberapa wilayah yang menjadi pusat pergerakan penduduk, seperti Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogjakarta, Cirebon, Jakarta, dan Pelabuhan Bakauheni Sumatera.

"Dari catatan kami ada 22% balik pada Minggu itu 3,6 juta," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/5).

Budi juga mengusulkan Menteri Kesehatan untuk memberikan vaksin corona gratis kepada pelaku perjalanan darat. Untuk pelaku perjalanan udara, pemerintah akan mempersingkat durasi pengetesan Covid-19 .

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan memperkirakan arus keberangkatan mudik masih terjadi pada Selasa (11/5) dan Rabu (12/5). Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudik pada Lebaran tahun ini.

Selain pemudik, ada puluhan ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Tanah Air. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto memperkirakan, ada 49.682 PMI yang kembali ke Indonesia pada April dan Mei.

"Ini diperlukan penanganan secara khusus dan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri," ujar Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...