Kabar TKA Tiongkok Masuk saat Pandemi, Kemenaker Kirim Tim ke Morowali

TKA tersebut masuk di tengah pembatasan mobilitas di dalam negeri untuk mencegah penularan Covid-19.
Image title
12 Mei 2021, 06:20
tiongkok, tka, covid-19, virus corona
Katadata - Ihya Ulum Aldin
Kawasan Industri Morowali. Kemenaker akan kirim tim pengawas ke Morowali usai TKA asal Tiongkok masuk di tengah pembatasan mobilitas untuk mencegah pandemi Covid-19.

Indonesia kedatangan ratusan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok di tengah pembatasan mobilitas di dalam negeri untuk mencegah penularan Covid-19. Kementerian Ketenagakerjaan pun akan menurunkan tim pengawas untuk menindaklanjuti TKA asal Negeri Panda itu.

Tim juga bakal memverifikasi laporan masuknya TKA Tiongkok itu ke Tanah Air. "Ya tentunya kami akan menindaklanjuti dengan menurunkan tim pengawas," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi kepada Katadata.co.id, Selasa (11/5).

 

Sebagaimana diketahui, ratusan TKA Tiongkok itu dikabarkan bekerja membangun smelter nikel di Sulawesi Tengah, untuk PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) dan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Namun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan GNItelah menyetop masuknya TKA sejak 30 April 2021.

Advertisement

"Keterangan dari Gunbuster sudah setop TKA sejak tanggal 30 April untuk kedatangan sampai dengan tanggal 25 Mei, sesuai dengan petunjuk pemerintah dan koordinasi perusahaan," kata Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin kepada Katadata.co.id, Selasa (11/5). Meski demikian Ridwan tak menjelaskan masuknya ratusan TKA ini meski perusahaan terkait sudah menyetop kedatangannya sejak akhir April.

Ratusan TKA ini masuk Bandara Maleo di Morowali, Sulawesi Tengah dengan menggunakan empat pesawat carteran Wings Air dalam waktu berbeda.  Merespons masuknya TKA tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melarang penerbangan carter beroperasi selama larangan mudik 6-17 Mei 2021.

“Berkaitan dengan penggunaan pesawat udara, sudah disetujui tidak ada lagi penerbangan carter selama masa pelarangan mudik ini,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (10/5).

Budi mengimbau masyarakat yang ingin menggunakan pesawat carter untuk menunda perjalanannya. Ia juga mengimbau para tenaga kerja yang ingin pulang ke Indonesia agar menunda kepulangannya hingga masa larangan mudik berakhir pada 17 Mei 2021.

“Sehingga, kalau ada tenaga kerja yang ingin pulang disarankan menunda, tetap ke Indonesia, tapi menunda,” katanya.

Sebelumnya Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengimbau pekerja asing menunda kepulangan demi mencegah importasi kasus. Para petugas lapangan juga harus memperketat pengawasan terhadap kedatangan WNA sesuai Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 8 Tahun 2021.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait