Cegah Lonjakan Covid-19 Usai Libur, Jokowi Akan Kencangkan PPKM Mikro

Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2021, 14:02
jokowi, ppkm mikro, 3m, covid-19, mudik, covid-19
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Jendral Sudirman Palembang, Sumatera Selatan, Senin (5/4/2021). Presiden Joko Widodo akan memperkuat PPKM demi mencegah penularan covid-19 usai mudik.

Presiden Joko Widodo memerintahkan agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro diperkuat usai libur Lebaran. Hal tersebut perlu dilakukan agar mobilitas masyarakat tak berujung penularan Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah juga akan menggelar tes acak bagi mereka yang menuju DKI Jakarta. Pemeriksaan secara wajib juga akan dilakukan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Dari data pemerintah, sebanyak 1,5 juta orang mudik pada Lebaran tahun ini. Dari angka tersebut, sejuta orang pulang kampung di wilayah Pulau Jawa dan 440 ribu menuju Sumatera.

“Arahan presiden memperkuat PPKM mikro di tempat berangkat dan tujuan (pemudik),” kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (17/5).

Bukan tanpa sebab, sejumlah provinsi masih mencatat kenaikan kasus aktif corona. Airlangga mengatakan Provinsi dengan peningkatan kasus sepanjang sepekan adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, serta Bangka Belitung.

Kenaikan kasus aktif juga terjadi di DKI Jakarta, Banten, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan. Kenaikan angka pasien ini terjadi di tengah penurunan kasus akif seara nasional.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...