Jokowi Targetkan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akhir 2022

Rizky Alika
18 Mei 2021, 14:07
jokowi, kereta cepat, kereta, infrastruktur
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau Proyek kereta Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5). jokowi menargetkan kereta cepat akan beroperasi akhir 2022. (Foto: Agus Suparto)

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di kawasan Halim, Jakarta, Selasa (18/5). Jokowi mengatakan saat ini proses pembangunan kereta tersebut telah mencapai 73 persen dan siap menjalani uji coba akhir 2022.

Usai proses uji coba, maka moda transportasi ini siap beroperasi. "Sampai hari ini tadi dilaporkan telah selesai 73% dan tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi," kata Jokowi di kawasan Halim, Jakarta, Selasa (18/5).

Ia berharap, kereta cepat Jakarta-Bandung bisa terintegrasi denganmoda transportasi lainnya seperti Lintas Raya Terpadu (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta.  Dengan demikian, ada efisiensi waktu sehingga daya saing Indonesia akan meningkat.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo itu berharap pembangunan kereta cepat itu dapat mendorong transfer teknologi pada sumber daya manusia Tanah Air. Dengan demikian, tenaga kerja Indonesia diharapkan siap untuk memperpanjang lintasan kereta cepat. "Kami harapkan apabila sudah diputuskan, akan diperpanjang sampai ke Surabaya," katanya.

Direktur Manajemen Proyek PT Kereta Cepat Indonesia-China Allan Tandiono mengatakan, kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki 13 terowongan. Terowongan pertama yang terletak di Halim menjadi yang paling dekat dengan Jakarta.

Terowongan pertama atau tunnel 1 dibangun dengan metode Tunnel Boring Machine (TBM) dengan ukuran 13,19 meter. "Ini terbesar yang pernah beroperasi di Indonesia dan sudah diberikan sertifikat MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia)," kata dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...