Menkes Sentil Daerah yang Susutkan Tes Demi Status Zona Hijau Covid-19

Rizky Alika
18 Mei 2021, 17:15
covid-19, zona hijau, menteri kesehatan, daerah
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers terkait kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021). Budi pada Selasa (18/5) menyentil adanya daerah yang mengurangi tes agar masuk zona hijau Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta kepala daerah agar menggelar tes Covid-19 lebih kencang. Ia bahkan menyoroti adanya daerah yang sengaja memperkecil tes Covid-19 agar menjadi wilayah berzona hijau.

Budi pun mengingatkan pemerintah daerah terkait bahaya ledakan virus corona. Apalagi saat ini muncul varian baru Covid-19 yang realtif lebih menular dan telah masuk Indonesia.

"Banyak Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  inginnya hijau. Testing-nya jadi sedikit. Itu bisa meledak. Apalagi dengan adanya virus baru," kata Budi dalam acara koordinasi Launching Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia yang disiarkan virtual, Selasa (18/5).

Dalam acara tersebut, hadir beberapa dinas kesehatan daerah. Meski demikian, Budi tak menyampaikan secara spesifik daerah mana yang mengurangi tes demi status zona hijau.

Budi lalu mengibaratkan kerja pengujian virus corona di daerah sebagai intelijen. Bila mereka lengah, teroris bisa masuk sewaktu-waktu dan meledakkan bom. "Jadi lebih baik intel banyak," ujarnya.

Ia juga telah menyampaikan pesan kepada Presiden Joko Widodo, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Airlangga Hartarto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk tidak menegur wilayah dengan kasus Covid-19 yang tinggi.

Sebaliknya, teguran perlu diberikan kepada daerah yang memiliki angka rasio positif yang tinggi lantaran tingkat pengetesannya rendah. Angka pengujian yang rendah bisa memicu banyaknya orang yang sakit namun tidak terdeteksi. Akibatnya, kematian akibat Covid-19 bisa meningkat. "Lebih baik identifikasi secara benar dan bisa pasang langkah perbaikan," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...