8 Juta Dosis Sinovac Tiba Besok, RI Kantongi 83,9 Juta Vaksin Covid-19

Rizky Alika
24 Mei 2021, 19:04
vaksin, covid-19, sinovac, virus corona, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.
Petugas medis menunjukkan vaksin Sinovac Biofarma sebelum disuntikkan pada seorang tenaga pengajar di RuRI akan kedatangan tambahan 8 juta dosis vaksin Sinovac pada Selasa (25/5).

Pemerintah terus berupaya menambah stok vaksin Covid-19 di Tanah Air. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia akan menerima kedatangan 8 juta dosis vaksin Sinovac pada Selasa (25/5).

Kedatangan vaksin dari Tiongkok ini akan menambah pasokan bagi kegiatan vaksinasi corona RI. Saat ini, pemerintah telah menyuntik vaksin Covid-19 kepada 24,81 juta orang.  Secara rinci, vaksinasi tahap pertama telah dilakukan kepada 14,93 juta orang, sementara vaksinasi tahap kedua telah diberikan ke 9,88 juta orang.

Advertisement

"Akan tiba besok 8 juta dosis bulk vaksin Sinovac sehingga total vaksin yang kita terima 83,9 juta dosis," kata Airlangga saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/5).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan, pemerintah akan meningkatkan kapasitas vaksinasi usai lebaran. Sebelumnya proses vaksinasi sempat mencapai 500 ribu suntikan per hari.

Berbagai langkh juga dilakukan untuk mempercepat vaksinasi. Salah satunya, penyederhanaan meja registrasi vaksinasi dari empat meja menjadi 2 meja. "Mudah-mudahan bisa capai 1 juta suntikan per hari dalam waktu dekat," kata Dante.

Selain itu, pemerintah akan memasuki vaksinasi tahap ketiga untuk masyarakat umum di daerah rentan. Sedangkan bantuan vaksinasi swasta atau Gotong Royong juga diharapkan dapat mempercepat proses pemberian vaksin.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement