Stok Vaksin Bertambah, Menkes Targetkan Suntik 650 Ribu Orang Per Hari

Ameidyo Daud Nasution
31 Mei 2021, 18:51
vaksin, covid-19, gerakan 3m, virus corona
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aww.
Petugas Dinas Kesehatan menyiapkan suntikan vaksin Sinovac di Sekolah Dasar Negeri 5 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Kamis (27/5/2021). Kemenkes menyatakan vaksinasi bisa tembus 500 ribu per hari.

Pasokan vaksin Covid-19 yang terus bertambah membuat pemerintah menargetkan kenaikan angka vaksinasi harian. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini Kementerian Kesehatan bisa menggelar 500 ribu vaksinasi sehari.

Hal ini lantaran stok vaksin corona pemerintah mencapai 20 juta dosis. Sebelumnya vaksinasi di Indonesia sempat tersendat usai India menahan pasokan vaksin merek AstraZeneca.

“Bulan ini ada stok 20 juta, dibagi 30 mampu 500 sampai 650 ribu per hari,” kata Budi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Senin (31/5).

Oleh sebab itu ia meminta kepala daerah memacu pemberian vaksin terutama kepada lansia. Hal ini agar mereka yang berusia lanjut tidak memenuhi rumah sakit karena tertular Covid-19.

“Yang (biasanya) masuk dan wafat itu lansia. Kalau bisa prioritaskan mereka,” kata Budi.

Sedangkan masyarakat juga perlu membantu dengan cara menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini juga demi membantu mengurangi beban tenaga kesehatan di rumah sakit.

“Sekali lagi, kasus naik, pakai masker dan jaga jarak,” kata mantan Direktur Utama Bank Mandiri tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (Erick Thohir) membuka diri untuk bekerja sama demi mengembangkan dan memproduksi vaksin Covid-19 bikinan Indonesia. Salah satu yang sedang dikembangkan saat ini adalah vaksin Merah Putih.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...