Zona Merah Covid-19 Bertambah Jadi 17, Mayoritas Berada di Sumatera

Ameidyo Daud Nasution
8 Juni 2021, 20:08
covid, virus corona, sumatera, jawa, 3m
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Lmo/wsj.
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan pasien COVID-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) usai berolahraga di lokasi karantina Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau, Rabu (2/6/2021). Olahraga pagi yang dilakukan rutin setiap hari oleh 554 pasien tersebut untuk meningkatkan imunitas tubuh selama menjalankan isolasi.

Jumlah zona merah Covid-19 di Indonesia semakin bertambah. Jika pada minggu lalu zona yang dinyatakan risiko tinggi hanya 13, maka saat ini jumlahnya bertambah jadi 17.

Sebanyak 12 zona merah atau mayoritas berada di Provinsi yang ada di Sumatera. Empat zona risiko penularan tinggi berada di Jawa, sedangkan satu sisanya ada di Nusa Tenggara Barat.

Advertisement

Kedua belas zona merah di Sumatera adalah Dharmasraya, Solok, Agam, dan Lima Puluh Kota di Sumatera Barat. Lalu ada Siak dan Kuantan Singingi di Provinsi Riau.

Selain itu ada Kota Batam dan Karimun di Kepulauan Riau, Tebo di Jambi, Medan di Sumatera Utara, Palembang di Sumatera Selatan, dan Banda Aceh di Aceh.

Zona merah di Pulau Jawa juga meningkat dari pekan lalu hanya satu yakni Kudus. Pekan ini, wilayah yang dinyatakan berisiko tinggi corona bertambah dengan masuknya Tegal (Jawa Tengah), serta Ciamis dan Bandung Barat di Jawa Barat. Adapun sisa satu zona merah berada di Kota Bima yang ada di NTB.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement