Bahaya Multitafsir Pasal Penghinaan Presiden dalam RUU KUHP

Rizky Alika
10 Juni 2021, 20:36
kuhp, hina presiden, pidana, hukum
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa menolak RUU KPK dan RUU KUHP di sekitaran Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Pemerintah memasukkan pasal mengenai penghinaan presiden dalam Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Ahli hukum pidana menilai, pasal tersebut berpotensi disalahgunakan aparat.

Dalam draf RUU KUHP, mereka yang menghina Presiden atau Wakil Presiden terancam penjara 3,5 tahun. Sedangkan penghinaan lewat media sosial ancamannya bisa mencapai 4,5 tahun bui.

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad  mengatakan pasal penghinaan presiden tidak boleh multitafsir. "Pasal tersebut harus jelas, tidak 'abu-abu' tidak multitafsir dan memenuhi prinsip lex scripta, lex certa, lex stricta dan lex praevia," katanya saat dihubungi Katadata.co,id, Kamis (10/6).

Adapun, lex scripta artinya hukum pidana tersebut harus tertulis sementara lex certa artinya rumusan delik pidana itu harus jelas. Sedangkan, lex stricta artinya rumusan pidana itu harus dimaknai tegas tanpa ada analogi, sementara lex praevia ialah hukum pidana tidak dapat diberlakukan surut.

Ia pun menilai, penghinaan presiden menjadi delik aduan absolut dan rawan terjadi penafsiran hukum yang cenderung subjektif. Oleh sebab itu Suparji meminta pemerintah mengatur secara jelas teknis pengaduan.

Di sisi lain, perlu dibedakan antara ujaran kebencian, kritik, pembelaan diri, kepentingan umum. Dia tak ingin melihat maraknya pengaduan hanya karena perbedaan pendapat.

"Pemahaman filosofis, yuridis dan sosiologis terhadap apa itu penghinaan, hate speech dan kritik sangat diperlukan," katanya.

Sedangkan dosen pidana dari Universitas Muhammadiyah Jakarta Chairul Huda berharap pembuatan norma yang lebih jelas. Sebagai contoh, perlu definisi terang terkait penyerangan presiden.

"Bisa saja disalahgunakan, pasal kan seperti pisau. Semua pasal bisa disalahgunakan, tergantung mental aparatnya," kata Chairul.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...