RI Terima 1,5 Juta Vaksin AstraZeneca, Zona Merah Covid-19 Jadi Target

Ameidyo Daud Nasution
11 Juni 2021, 16:12
vaksin, covid-19, astrazeneca, virus corona
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.
Petugas kesehatan memperlihatkan botol vaksin COVID-19 AstraZeneca saat vaksinasi bagi pedagang di pasar tradisional Gringging, Kediri, Jawa Timur, Kamis (1/4/2021).

Sebanyak 1,5 juta vaksin AstraZeneca dari COVAX telah tiba di Indonesia pada Kamis (10/6). Kementerian Kesehatan sedang dalam proses distribusi vaksin tersebut.

Salah satu yang akan disasar adalah daerah dengan lonjakan kasus Covid-19 besar. Selain kondisi penularan corona, Kemenkes juga akan mempertimbangkan kemampuan daerah tersebut melakukan vaksinasi tiap harinya.

Advertisement

“Kami lihat situasinya, kalau lonjakan kasusnya seperti Kudus kemarin akan diutamakan ke sana,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Jumat (11/6).

Nadia mengatakan Kemenkes juga akan melihat stok masing-masing daerah sebelum mendistribusikan vaksin AstraZeneca tersebut. “Karena ada proses quality assessment dulu sebelum distribusi,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengatakan dengan kedatangan 1,5 juta dosis, maka jumlah vaksin AstraZeneca yang diterima RI mencapai 8.228.400 dosis.

Secara total, RI telah menerima 93,7 juta vaksin Covid-19 merek Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca. “Rinciannya, Sinovac 84.500.000 dosis, AstraZeneca 8.228.400 dosis, dan Sinopharm 1 juta dosis,” kata Retno.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement