Kongsi Dengan Anthoni Salim, DCI Bangun Pusat Data di Karawang

Image title
15 Juni 2021, 08:46
salim, DCII, korporasi, saham
DCI
DCI meresmikan pusat data keempat di Cibitung pada Kamis (27/5/2021). DCI dan Grup Salim akan membangun pusat data di Karawang.

PT DCI Indonesia Tbk (DCII) menjadi buah bibir kala sahamnya melejit sejak tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 6 Januari 2021. Kala itu, harganya hanya Rp 420 per saham, tapi pada perdagangan Senin (14/6) harganya Rp 50.250 per saham yang artinya naik hingga 11.864%.

Salah satu sentimen kenaikan itu, tak lain karena Anthoni Salim menambah porsi investasi pada saham DCII dengan merogoh kocek Rp 1,02 triliun sehingga saat ini memiliki 11,12%. Kabar pengembangan bisnis setelah Anthoni menambah porsi saham, bukan isapan jempol belaka.

Advertisement

Anthoni dan DCI membangun kompleks hyperscale data center park dengan standar global bernama H2 Data Center melalui pendirian PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur. Pembangunannya sudah dilakukan sejak triwulan IV 2020.

 Pada Senin (14/6), pembangunan gedung pusat data ini sudah tahap topping off dan diperkirakan selesai pada triwulan IV 2021. Fasilitas yang berada di Pertiwi Lestari Industrial Park ini memiliki 10 lantai dengan 6 lantai di antaranya merupakan ruang data dengan total kapasitas 3.000 rack serta kapasitas daya listrik 15 MW.

Putra Anthoni, Axton Salim menyatakan keyakinannya bahwa H2 akan membawa dampak positif yang besar bagi pelaku bisnis di Indonesia dalam memenuhi tuntutan pasar. "Untuk mempercepat proses digitalisasi di Indonesia sehingga kita mampu bersaing di tingkat global," katanya dalam siaran pers.

Kompleks ini diklaim sebagai salah satu data center besar di Asia Tenggara. Presiden Direktur sekaligus pemilik 29,9% saham DCII Toto Sugiri menjelaskan pembangunan H2 sejalan dengan visi dan misi untuk menjadi penyedia data center terpercaya di Asia Tenggara. "Serta memenuhi kebutuhan pelanggan di tengah percepatan digitalisasi sekarang ini," kata Toto.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement