Positif Corona, Pengembang Ventilator Covid-19 Ike Sri Redjeki Wafat

Ike adalah dosen kedokteran bagian klinis dan menjadi anggota tim pembuat Vent-I, ventilator portabel untuk pasien Covid-19.
Ameidyo Daud Nasution
16 Juni 2021, 10:23
covid, tokoh, ike sri redjeki, kesehatan, pendidikan unpad
Katadata
Dosen Fakultas Kedokteran Unpad sekaligus pengembang ventilator pasien Covid-19 dr Ike Sri Redjeki meninggal dunia pada Selasa (15/6) usai terinfeksi corona. Foto: Antara

Melonjaknya kasus Covid-19 kembali memakan korban tenaga kesehatan. Terbaru, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yang juga pengembang ventilator portabel untuk pasien corona, dr Ike Sri Redjeki meninggal dunia pada Selasa (15/6).

Ike meninggal di Rumah Sakit Hasan Sadikini pada Selasa pukul 01.20 dini hari usai terkonfirmasi positif Covid-19. Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi mengatakan Sri dimakamkan di Al-Azhar Memorial Garden.

“Unpad sangat kehilangan dengan wafatnya tokoh inovatif ini,” kata Dandi, Selasa (16/6) dikutip dari Antara.

 

Advertisement

Ike adalah dosen kedokteran bagian klinis dan menjadi anggota tim pembuat Vent-I, ventilator portabel untuk pasien Covid-19. Alat ini adalah hasil kerja sama Unpad, Institut Teknologi Bandung, dan Rumah Amal Salman.

Alat yang diluncurkan pada Juni 2020 itu dibuat dengan tujuan pasien mendapatkan alat bantu yang mudah dioperasikan dan terjangkau harganya. Ike sebelumnya berharap inovasinya bisa menjadi solusi pemenuhan ventilator.

Kasus Covid-19 di RI memang meningkat usai libur mudik Lebaran. Bahkan rumah sakit di sejumlah daerah mulai kelimpungan menghadapi pasien.

Sedangkan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan lonjakan tinggi kasus berada lima provinsi. Kelimanya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Oleh sebab itu Satgas meminta pemerintah daerah berhati-hati dan mengendalikan kasus sesuai kondisi. “Baik pembatasan mobilitas dalam dan luar negeri,” ujar Wiku.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait