Investor Cemas Kebijakan The Fed dan Covid-19, IHSG Diramal Melemah

Image title
17 Juni 2021, 07:44
ihsg, bursa, saham, covid
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Pekerja melihat telepon pintarnya dengan latar belakang layar pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (31/3/2021). Indeks diprediksi melemah pada perdagangan hari Kamis (17/6).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,17% ke level 6.078 pada perdagangan Rabu (16/6). Analis memprediksi indeks kembali melemah pada perdagangan Kamis (17/6).

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan IHSG berpotensi melemah dengan area support di level 6.046 dan 6.015. Sedangkan resistance ada di level 6.145 dan 6.111.

Menurut Dennies, pergerakan indeks masih akan dibayangi kekhawatiran akan kebijakan tapering off yang dilakukan Bank Sentral Amerika Serikat bisa menyebabkan outflow IHSG

"Selain itu masih ada kekhawatiran akibat jumlah kasus covid-19 dalam negeri yang  (hampir) mencapai 10 ribu kasus per hari yang mencapai rekor tertinggi sejak Januari," kata Dennies dalam riset tertulisnya.

 Ada beberapa saham yang menurutnya layak untuk menjadi perhatian pelaku pasar saham hari ini di antaranya PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD), dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Head of Research Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, IHSG hari ini berpotensi kembali tertekan. Menurut analisis teknikalnya, area support dan resistance berada di level 6.053 dan 6.090.

Lanjar mengatakan, dengan inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat tahun ini, Ketua Fed Jerome Powell dan rekan-rekannya dapat mempertimbangkan untuk mengurangi stimulus moneter. 

"(Powell) juga meletakkan dasar untuk kenaikan suku bunga pasca-pandemi pertama segera setelah 2023," kata Lanjar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...