Suramadu Disekat karena Corona, Warga Madura Demo Wali Kota Surabaya

Ameidyo Daud Nasution
21 Juni 2021, 16:35
corona, madura, surabaya, suramadu
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj.
Sejumlah warga dari Pulau Madura keluar dari mobilnya saat mengantre masuk ke Surabaya di akses keluar Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (6/6/2021). Ratusan warga Madura menggelar unjuk rasa pada Senin (21/6) menolak penyekatan Suramadu.

Penyekatan Jembatan Suramadu yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya demi mencegah Covid-19 menuai penolakan. Ratusan warga Pulau Madura menggeruduk Balai Kota Surabaya menolak penutupan akses yang menghubungkan Kota Pahlawan dengan Kabupaten Bangkalan tersebut.

Dikutip dari Antara, massa meminta penghentian penyekatan yang menurut mereka diskriminatif serta menggelar tes cepat antigen di tempat hiburan. Demonstran juga mendesak Eri untuk meminta maaf kepada warga Madura atas penyekatan yang dianggap diskriminatif. Pengunjuk rasa juga membentangkan poster “Di Madura tidak ada corona, yang ada markona”.

“Kami minta Pak Eri menemui kami dan penyekatan dihentikan,” kata salah seorang peserta aksi yang bernama Nasikin di depan Balai Kota Surabaya, Senin (21/6) dikutip dari Antara.

Awalnya Eri menyampaikan akan menerima 20 orang perwakilan pendemo. Meski demikian, pengunjuk rasa tidak terima dan melempar botol ke arah personel keamanan.

Wali Kota lalu menemui ratusan demonstran dan mengatakan aspirasi ini akan disampaikan kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur. Ia mengatakan kebijakan ini diambil lantaran permintaan Pemprov Jatim dan pemerintah Kabupaten Bangkalan.

“Jadi bukan Surabaya yang melakukan penyekatan, kami sifatnya hanya membantu,” kata Eri.

Eri sebelumnya mengatakan arahan Gubernur Khofifah Indar Parawansa tersebut diatur dalam surat Sekda Provinsi Nomor 188/12898/013.1/2021 tanggal 17 Juni lalu. “Beliau (Khofifah) yang menentukan. Saya hanya menjalankan arahan untuk memutus penyebaran Covid-19,” katanya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...