Alasan Ekonomi, Jokowi Pilih Perketat PPKM Mikro Ketimbang Lockdown

Rizky Alika
23 Juni 2021, 16:44
lockdown, lockdown jakarta, ppkm ketat, ppkm mikro, jokowi, covid, corona, jakarta
Katadata
Presiden Joko Widodo dalam pernyataan virtual yang disiarkan pada Rabu (24/6). Jokowi menjelaskan alasannya memiliki PPKM mikro ketimbang lockdown. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo angkat bicara mengenai munculnya dorongan untuk memberlakukan karantina wilayah alias lockdown demi memutus lonjakan Covid-19. Jokowi mengatakan PPKM mikro masih menjadi kebijakan terbaik pemerintah untuk menghentikan laju corona.

Pasalnya, langkah ini dapat mengendalikan corona tanpa mematikan kegiatan ekonomi masyarakat. Tak hanya itu, PPKM mikro bisa menjadi langkah yang tepat lantaran langsung menyentuh akar permasalahan, yaitu komunitas atau desa.

"Dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, kondisi sosial, kondisi politik dan juga pengalaamn dari negara-negara lain, pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih jadi kebijakan yang paling tepat," kata Jokowi dalam siaran virtual, Rabu (23/6).

Jokowi mengatakan dirinya telah menerima masukan terkait penanganan Covid-19 dari banyak pihak. Menurutnya, baik lockdown maupun PPKM mikro memiliki tujuan yang sama yakni membatasi mobilitas warga.  

"PPKM dan lockdown punya esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarakat. Maka tidak usah dipertentangkan,” kata Jokowi.

Presiden menyampaikan persoalan PPKM mikro selama ini adalah tak berlaku menyeluruh dan bersifat sporadis. Oleh sebab itu ia memerintahkan kepala daerah menjalankan pembatasan ini dengan maksimal. “Kalau PPKM terimplementasi, semestinya laju kasus bisa terkendali,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...