Jepang Akan Kirim Dua Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke RI Bulan Depan

Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2021, 13:56
vaksin, jepang, covid-19, corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Courtesy of Indonesia's Ministry of Foreign Affairs/Handout /WSJ/dj
Menlu Indonesia Retno Marsudi berbicara pada rapat tak resmi secara virtual dengan sejumlah menteri luar negeri dan perwakilan Perbara (ASEAN), di Jakarta, Indonesia, Selasa (2/3/2021). Retno pada Senin (28/6) mengatakan Jepang akan mengirimkan dua juta dosis vaksin ke Indonesia bulan depan.

Pemerintah terus berupaya untuk memacu pengadaan vaksin Covid-19. Terbaru, Jepang akan mengirimkan dua juta dosis vaksin corona ke Indonesia pada bulan Juli mendatang.

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan ia telah berkomunikasi dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi mengenai rencana ini. Tak hanya itu, RI juga menjajaki Negeri Sakura untuk bekerja sama pengadaan obat terapeutik untuk pasien Covid-19.

“Menlu Jepang akan segera melihat kemungkinan Kerjasama penyediaan obat-obatan yang diperlukan Indonesia saat ini,” kata Retno, Selasa (29/6) dikutip dari Antara. Meski demikian, belum ada penjelasan vaksin merek apa yang akan dikirim ke RI.

Tak hanya itu, Retno juga melobi Menlu India Subrahmanyam Jaishankar agar Indonesia mendapatkan kelonggaran impor obat teurapetik. Ini lantaran RI membutuhkan obat tersebut untuk menangani pasien Covid-19 yang tengah melonjak.

Sebelumnya India membatasi ekspor vaksin dan obat-obatan ke luar negeri saat negara tersebut dilanda lonjakan virus corona. Retno mengatakan Jaishankar merespons positif permintaan ini.

“Indonesia juga telah menyampaikan rincian obat-obatan yang diperlukan saat ini,” kata Retno.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...