Jokowi Tunjuk Luhut Tangani PPKM Darurat di Jawa dan Bali

Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2021, 22:17
luhut, jokowi, ppkm, covid
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitansaat rapat penanganan Covid-19 pada Selasa (1/12). Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut tangani PPKM darurat di Jawa dan Bali.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk memimpin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk wilayah Jawa dan Bali.

Hal ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6). Jodi juga sekaligus mengatakan bahwa pemerintah sedang merancang pengetatan kegiatan dalam PPKM darurat.

Advertisement

Sebelumnya beredar kabar bahwa Luhut akan mengendalikan jalannya PPKM darurat di Pulau Jawa dan Bali. Sedangkan untuk wilayah di luar kedua pulau tersebut akan ditangani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk Bapak Presiden Jokowi sebagai koordinator PPKM darurat untuk pulau Jawa dan Bali,” kata Jodi.

Jodi juga mengatakan, supermarket, mal, dan sektor esensial lain akan tetap beroperasi dengan jam yang dipersingkat. Dia lalu meminta masyarakat tidak panik dengan adanya pemberitaan yang beredar.

“Agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, vaksinasi bagi yang sehat dan terus waspada,” katanya.

Meski demikian hingga saat ini ketentuan teknis pelaksanaan PPKM mikro masih simpang siur.Sempat beredar kabar mal dan restoran akan ditutup untuk sementara. Namun berseliweran pula informasi bahwa pusat perbelanjaan dan rumah makan tetap beroperasi dengan perubahan jam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement