Berlakukan PPKM Mikro Darurat, Jokowi Beralasan Demi Pulihkan Ekonomi

Rizky Alika
30 Juni 2021, 17:02
jokowi, ppkm, psbb, covid
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menjelaskan PPKM Mikro, Rabu (23/6). Jokowi menjelaskan alasan pemberlakuan PPKM darurat.

Kasus Covid-19 tengah mengalami lonjakan dalam beberapa minggu terakhir. Presiden Joko Widodo pun mengatakan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat mau tidak mau harus dilakukan demi memperbaiki ekonomi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, optimisme itu ada namun masalah Covid-19 belum diselesaikan. Padahal, kunci dari pemulihan ekonomi ialah penyelesaian Covid-19.

"Optimisme itu ada. Oleh sebab itu kebijakan PPKM darurat ini mau tidak mau harus dilakukan karena kondisi-kondisi yang tadi saya sampaikan," kata Jokowi dalam Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Kendari, Rabu (30/6).

 Ia mengatakan, sejumlah indikator ekonomi menunjukan perbaikan. Salah satunya, Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur mengalami peningkatan yang sangat tinggi. PMI saat sebelum pandemi sebesar 51, kemudian pada Mei lalu menjadi 55,3.

"Artinya ada optimisme di situ. Sisi supply juga sama, produksi mulai menggeliat," ujarnya.

Selain itu, kinerja ekspor tumbuh 58%, impor bahan baku tumbuh 79%, dan impor barang modal tumbuh 35%. Kemudian, konsumsi listrik untuk industri juga tumbuh 28%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...