Hadiri HUT Bhayangkara, Jokowi Ingatkan Polri Junjung Tinggi HAM

Rizky Alika
1 Juli 2021, 12:29
jokowi, hut bhayangkara, polisi, polri
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3). Jokowi dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-75, Kamis (1/7) mengingatkan Polri tetap menjunjung tinggi HAM

Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan ke-75 Hari Bhayangkara yang jatuh pada Kamis (1/7). Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan Polri untuk menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

Menurutnya, kewenangan Polri untuk melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, dan penyitaan harus dilakukan secara bijak dan bertanggung jawab. Selain itu, Polri juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, berwajah ramah, dan bersifat melayani masyarakat luas.

"Ingat bahwa negara kita adalah negara Pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/7).

Meski demikian Kepala Negara mengingatkan Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya. "Harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan dan menjunjung tinggi norma martabat masyarakat," ujar dia.

Untuk itu, pengembangan sumber daya manusia Polri harus diperhatikan secara serius. Proses rekrutmen, pendidikan, dan promosi juga harus dilakukan secara transparan dan akuntabel serta sesuai dengan tugas kepolisian.

Selain itu polisi juga harus bisa menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks. Caranya dengan terus membenahi kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, kebijakan penganggaran serta monitor dan evaluasi.

"Dengan manfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...