3 Juta Vaksin Pfizer Tiba di RI Agustus, untuk Usia 18 Tahun ke Atas

Rizky Alika
2 Juli 2021, 10:37
vaksin, vaksin covid, vaksin pfizer, pfizer, sinovac, astrazeneca, vaksin anak, corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthew Childs/WSJ/cf
Matthew Childs Logo Pfizer terlihat di lokasi pemasok global di Havant, Britain, Senin (1/2/2021). Sebanyak 3 juta vaksin Covid-19 merek Pfizer akan tiba di Indonesia pada Agustus mendatang.

Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 Pfizer asal Amerika Serikat mulai Agustus mendatang. Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, jumlah vaksin yang akan tiba pada bulan depan mencapai 3 juta dosis.

Menurutnya, vaksin tersebut akan diberikan kepada masyarakat usia di atas 18 tahun. Selain itu, stok vaksin itu akan digunakan untuk melanjutkan tahapan vaksinasi program pemerintah.

"Sebanyak 3-5 juta dosis dalam bentuk jadi (siap pakai)," kata Nadia saat dihubungi Katadata.co.id, Kamis (1/7).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, total vaksin Pfizer yang akan diterima Indonesia mencapai 50 juta dosis dan akan datang bertahap setiap bulannya. Pada tahap pertama, vaksin akan datang sebanyak 3 juta dosis pada Agustus dan 5,5 juta dosis akan datang pada September.

Setelah itu, vaksin Pfizer akan datang pada Oktober sebanyak 13.833.333 dosis. Kemudian, vaksin akan tiba pada November dan Desember dengan jumlah masing-masing 13.833.333 dosis dan 13.833.334 dosis.

Selain Pfizer, Indonesia juga akan menerima vaksin jenis lainnya pada Agustus, yaitu Sinovac, Astrazeneca, Sinopharm, dan Cansino. Seluruh vaksin tersebut akan datang secara bertahap setiap bulannya.

Sementara, vaksin Novavax asal AS diperkirakan akan datang secara bertahap mulai September. Total vaksin Novavax yang akan diterima Indonesia mencapai 50 juta dosis.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...