RS Penuh, Kemenkes Siapkan Layanan Telemedicine untuk Isolasi Mandiri

Ameidyo Daud Nasution
3 Juli 2021, 05:00
RS, rumah sakit, telemedicine, dokter, covid, isolasi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap merawat pasien Covid-19 yang menunggu di pelataran untuk mendapatkan tempat tidur perawatan di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, (23/6/2021). Kemenkes akan menyiapkan layanan telemedicine untuk pasien Covid-19 bergejala ringan dan OTG yang menjalani isolasi mandiri.

Kementerian Kesehatan akan menyediakan layanan konsultasi virtual alias telemedicine bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Ini agar pasien tak bergejala dan bergejala ringan tetap bisa berkonsultasi dengan dokter meski sedang isolasi di rumah maupun karantina terpusat.

Layanan ini diperlukan demi mengurangi beban rumah sakit. Dengan adanya fasilitas ini, maka rumah sakit hanya akan melayani pasien bergejala berat.

Advertisement

Bahkan Kemenkes juga akan mengeluarkan aturan terkait penyediaan akses konsultasi virtual ini. “Akan membuka akses untuk telemedicine,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Jumat (2/7).

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi sadikin mengatakan pasien yang mengakses layanan virtual tetap akan dilayani oleh dokter dan akan diberikan obat. Dalam layanan konsultasi ini, pasien juga bisa melakukan screening awal gejala Covid-19.

Nantinya dokter akan mengidentifikasi penanganan pasien berdasarkan hasil konsultasi. “Sehingga kami bisa arahkan kapan yang bersangkutan harus masuk rumah sakit atau tidak,” kata Budi dalam keterangan tertulis di laman Kemenkes, Kamis (1/7).

Kemenkes juga berencana untuk mengatur batas atas harga obat terapi bagi pasien corona. Selain mencegah lonjakan harga, Nadia  beralasan pengaturan tersebut dilakukan untuk kepentingan masyarakat terutama saat pandemi.  "Batas atas harga obat akan diatur segera," katanya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement