Luhut Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Mulai Menurun setelah 12 Juli

Ameidyo Daud Nasution
5 Juli 2021, 12:57
covid, luhut, ppkm, corona
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan saat rapat dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Selasa (1/12). Luhut memprediksi kasus Covid-19 akan mencapai puncaknya pada pekan kedua Juli 2021.

Kasus Covid-19 masih menunjukkan kenaikan usai pemerintah memulai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali pada Sabtu (3/7) lalu. Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan lonjakan masih akan terjadi dalam waktu dekat sebelum kasus akhirnya menurun.

Hal ini lantaran masih banyak kasus yang kemungkinan masih dalam tahap inkubasi. Oleh sebab itu, kenaikan jumlah pasien dalam beberapa hari ke depan akan terus menanjak.

Advertisement

“Kalau kami mulai (PPKM darurat) tanggal 3 (Juli), mungkin setelah tanggal 12 (Juli) agak slowdown, tapi 13-14 bisa (jadi) masih tinggi,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7).

Jumlah kasus Covid-19 pada Sabtu (3/7) kembali mencetak rekor 27.913 kasus. Luhut mengatakan selain masa inkubasi, jumlah kasus juga akan meningkat jika masyarakat tak disiplin menjaga protokol kesehatan.

Sedangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan 27.233 tambahan kasus Covid-19 pada hari kedua pelaksanaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Dari jumlah tersebut, DKI Jakarta menyumbang hingga 10.485 kasus. Ini menjadi rekor tambahan kasus harian tertinggi di ibukota.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement