Pasien Covid-19 Melonjak, Indofarma Lipatgandakan Produksi Ivermectin

Rizky Alika
7 Juli 2021, 15:43
covid, indofarma, obat, ivermectin
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Penanganan pasien Covid-19 di Ipelataran RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, (23/6/2021). PT Indofarma akan meningkatkan produksi obat Ivermectin untuk digunakan pasien Covid-19.

Permintaan obat terapi Ivermectin tengah meningkat dalam beberapa hari terakhir seiring melonjaknya jumlah pasien Covid-19. PT Indofarma Tbk akan meningkatkan produksi obat tersebut dua kali lipat mulai Agustus mendatang.

Adapun, perusahaan pelat merah itu akan memproduksi 8 juta butir Ivermectin atau 400 ribu botol pada Juli ini. Ivermectin bisa diberikan kepada masyarakat yang telah berkonsultasi dengan dokter sesuai dengan protokol yang ditetapkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes).

"Bulan depan kami akan menambah beberapa fasilitas dan diharapkan produksinya bisa 2 kali lipat," kata Direktur Utama PT Indofarma Tbk Arief Pramuhanto saat rapat dengan Komisi VI DPR secara virtual, Rabu (7/7).

Arief mengatakan Ivermectin telah mendapatkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) dari Badan Pengawas Oobat dan Makanan (BPOM). Saat ini, obat anti parasit itu tengah melalui proses uji klinik di sejumlah rumah sakit di bawah panduan Balitbangkes.

Selain Ivermectin, permintaan obat Oseltamivir juga mengalami peningkatan. Untuk itu, Indofarma akan memproduksi 5 juta butir Oseltamivir pada Juli ini. Setelah itu mereka akan memproduksi tambahan 8 juta butir atau 80 ribu kotak.

Tak hanya itu, Indofarma juga akan mengimpor Remdesivir dari India. Rencananya, sebanyak 140 ribu vial Remdesivir akan tiba pada 11 Juli, setelah itu 90 ribu vial akan datang pada 15 Juli. "Total bulan ini akan datang 230 ribu vial," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...