1,4 Juta Nakes Akan Vaksinasi Covid Ketiga dengan Vaksin Moderna

Rizky Alika
9 Juli 2021, 17:40
covid, vaksin, moderna
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz/Pool/foc/cf
Vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Moderna di Northwell Health's Long Island Jewish Valley Stream Hospital di New York, Amerika Serikat, Senin (21/12/2020). Sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan di Indonesia akan menjalani vaksinasi ketiga dengan vaksin Moderna mulai Juli 2021.

Pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster untuk 1,47 juta tenaga kesehatan. Pemberian vaksin akan dimulai pada pekan depan menggunakan vaksin merek Moderna asal Amerika Serikat.

Vaksin Moderna akan tiba di Tanah Air pada hari Minggu dan akan diberikan kepada tenaga kesehatan pada pekan depan. Keputusan tersebut sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). 

"Vaksin dosis ketiga akan diberikan menggunakan Moderna sehingga vaksin bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap variasi mutasi virus yang ada," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (9/7).

Vaksinasi booster dianggap penting lantaran para tenaga kesehatan memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan, vaksinasi dosis ketiga hanya diberikan kepada tenaga kesehatan.

"Karena memang kondisi vaksinasi masih belum mencapai seluruh target vaksinasi," katanya.

Sebelumnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, antibodi cenderung mengalami penurunan setelah 6 bulan. Untuk itu, tenaga kesehatan perlu mendapatkan suntikan ketiga demi menjaga kadar antibodi tetap stabil.

"Menurut para pakar dan ahli sekitar 6 bulan setelah suntik ke-2, antibodi dalam tubuh cenderung mengalami penurunan," kata Ketua IDI Daeng M. Faqih kepada Katadata.co.id, Rabu (30/6).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...