3,4 Juta Dosis AstraZeneca Tiba, RI Kantongi 137 Juta Vaksin Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
13 Juli 2021, 22:05
vaksin, covid, corona, astrazeneca
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan mengambil vaksin COVID-19 AstraZeneca sebelum disuntikkan di Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 merek AstraZeneca pada Selasa (13/7)

Pemerintah kembali menerima kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 3,4 juta lewat COVAX facility pada Selasa (13/7) malam. Pasokan vaksin Covid-19 ini merupakan pengiriman kedelapan melalui kerja sama multilateral tersebut.

Mnteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan dengan kedatangan vaksin ini, maka Indonesia telah mendapatkan 14,7 juta vaksin gratis lewat skema seluruh kerja sama multilateral.

“Ini adalah contoh konkret upaya COVAX dan kami apresiasi,” kata Retno dalam keterangan virtual, Selasa (13/7).

 Dengan penambahan pasokan malam ini, RI telah mengamankan 137,6 juta dosis vaksin Covid-19. Retno mengatakan dalam beberapa hari ke depan, pemerintah juga akan menerima vaksin Moderna dari Amerika Serikat, Sinopharm dari Uni Emirat Arab, serta AstraZeneca dari Jepang.

“Pada 12 Juli kemarin kita juga telah menerima 10 juta vaksin Sinovac dalam bentuk curah,” kata Retno.

Retno mengakui COVAX saat ini mengalami kendala dalam memasok vaksin sehingga negara berkembang terlambat menerima serum anti Covid-19. Namun seiring meningkatnya produksi, maka pengiriman akan segera membaik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...