Luhut Antisipasi Skenario Terburuk Covid-19, Lonjakan 100 Ribu Kasus

Ameidyo Daud Nasution
15 Juli 2021, 12:34
luhut, covid, skenario
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan saat rapat penangana Covid-19 Selasa (1/12). Luhut saat ini menyiapkan skenario kasus Covid-19 hingga 100 ribu kasus per hari.

Pemerintah terus mengantisipasi kemungkinan lonjakan pasien Covid-19 lebih besar dari saat ini. Mereka mulai merancang skenario terburuk penularan corona hingga 100 ribu per hari.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini pemerintah telah mematok skenario terburuk lonjakan Covid hingga 60 ribu sehari. Namun ia membuka kemungkinan adanya peningkatan kasus yang lebih buruk lagi.

“Kami tidak berharap sampai 100 ribu per hari tapi kami sedang rancang kalau misalnya sampai ke sana,” kata Luhut dalam konferensi pers, Kamis (15/7).

Adapun kasus Covid-19 selama empat hari terakhir terus mencatatkan rekor. Bahkan pasien baru corona yang tercatat mencapai angka tertinggi yakni 54.517 orang pada Rabu (14/7).

Luhut mengatakan lonjakan kasus yang terjadi saat ini sudah diantisipasi pemerintah dengan sejumlah langkah. Pertama, mengusahakan vaksinasi satu juta dosis per hari.

Kedua adalah menyediakan tempat tidu dengan konversi ruangan, membuat rumah sakit lapangan, dan penambahan rumah sakit khusus Covid-19. Bahkan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan agar Kementerian dan Lembaga juga menyiapkan tempat isolasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...