Perpanjangan PPKM Darurat Belum Diputuskan, Luhut Akan Lapor Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
15 Juli 2021, 14:32
luhut, ppkm, covid, jokowi
Menko Marves
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 secara virtual pada Senin (14/12). Luhut akan menghadap Jokowi untuk mengevaluasi kelanjutan PPKM darurat yang akan selesai 20 juli mendatang.

Wacana memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat muncul seiring terus meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia. Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Koordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengevaluasi pembatasan tersebut.

Luhut juga akan meminta masukan dari para ahli dari Universitas Indonesia (UI) mengenai jalannya PPKM Darurat.  “Saya janji dengan Presiden sore ini atau besok akan melapor langkah apa yang akan kami lakukan,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7).

Luhut memiliki tim yang memantau dampak PPKM Darurat terhadap ekonomi. Ia juga mengatakan pihaknya akan menghitung secara hati-hati sebelum menentukan langkah ke depan. “Kami perhatikan terus soal ekonomi ini, jangan sampai kelamaan karena nanti (aktivitas) bisa mati,” kata Luhut.

Meski demikian ia meminta masyarakat tetap patuh protokol kesehatan dan mengurangi kerumunan. Apalagi penyebaran Covid-19 varian Delta ini sangat menular.

“Berbagai literatur mengatakan bisa luma sampai enam kali penularannya,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...