Potensi Ledakan Kasus Covid-19 dari Klaster Keluarga saat PPKM Darurat

Ameidyo Daud Nasution
15 Juli 2021, 20:35
ppkm darurat, klaster keluarga, lonjakan kasus covid, jumlah kasus covid, satgas covid
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Petugas yang mengenakan baju Alat Pelindung Diri (APD) saat keluar dari Perumahan Griya Melati, Kelurahan Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/5/2021). Satgas waspadai kemungkinan penularan Covid-19 di tengah keluarga saat pelaksanaan PPKM darurat.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung sejak Sabtu pekan lalu (3/7) mulai menurunkan mobilitas masyarakat. Meski begitu, kasus Covid-19 masih tetap melonjak, bahkan terus mencatatkan rekor tertinggi hingga mencapai 56.757 kasus baru pada Kamis ini (15/7).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyoroti kemungkinan peningkatan kasus lantaran penularan pada klaster keluarga. Oleh karena itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat memahami teknis isolasi mandiri agar penularan bisa ditekan.

“Selain itu, tindakan sedini mungkin apabila ada keluarga yang pernah kontak dengan orang yang terinfeksi,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Rabu (15/7).

Wiku mengatakan sejak berlaku tangtgal 3 Juli lalu penurunan mobilitas mulai terlihat di sarana trasnportasi, fasilitas publik, hingga tempat kerja. Diharapkan, dengan berkurangnya pergerakan penduduk maka potensi penularan dapat berkurang. “Selama satu pekan sudah terlihat,” katanya.

Sedangkan Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informasi Dedy Permadi mengatakan penurunan signifikan pergerakan masyarakat berada di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Mobilitas penduduk di ibukota berhasil diturunkan menjadi 21,3%.

Meski demikian, pemerintah akan terus menggenjot usaha menertibkan masyarakat agar mobilitas dapat berkurang lebih besar lagi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan pergerakan warga bisa berkurang 30%. “Dan pada akhirnya mencapai minus 50%,” ujar Dedy.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...