Ada PPKM Darurat, Wapres Minta Masyarakat Beribadah Idul Adha di Rumah

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2021, 14:52
wapres, idul adha, ma'ruf, covid, ppkm
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres pada Minggu (18/7) kembali mengimbau masyarakat beribadah di rumah saat Idul Adha

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau umat Islam menggelar Salat Idul Adha di rumah dengan keluarga masing-masing. Hal ini agar warga terhindar dari potensi penularan Covid-19 jika memaksakan diri beribadah di masjid atau lapangan.

Pemerintah memutuskan untuk meniadakan salat Iduladha di masjid atau tempat keramaian lainnya di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Ma’ruf juga mengatakan bahwa kebijakan ini tak bermaksud menghalangi ibadah di masjid, tapi melindungi masyarakat dari bahaya corona.

“Berjamaah itu hukumnya sunah, tapi menjaga diri dari pandemi itu hukumnya wajib,” kata Ma’ruf Minggu (18/7) dikutip dari Antara.

Ma’ruf juga meminta para tokoh agama tak memaksa pelaksanaan ibadah Idul Adha di ruang publik seperti masjid selama PPKM Darurat. Hal ini lantaran masih ada beberapa tokoh yang masih ingin mengadakan Salat Id di lapangan. “Karena itu sangat berbahaya,” kata Wapres.

Ma'ruf juga meminta meminta pemotongan hewan kurban  saat Idul Adha 1442 H dilakukan di rumah potong hewan (RPH). Hal ini demi mencegah kerumunan pada masa PPKM Darurat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...