RI Kedatangan 1,1 Juta Vaksin Sinopharm untuk Vaksinasi Gotong Royong

Rizky Alika
19 Juli 2021, 14:05
vaksin covid, sinopharm, covid-19
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Petugas medis menunjukkan vaksin sinopharm di Sentra Vaksinasi Gotong Royong Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). RI kembali kedatangan 1,1 juta dosis vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi Gotong Royong, Senin (19/7).

Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Covid-19 Sinopharm asal Tiongkok sebanyak 1,18 juta dosis. Dengan demikian, RI telah mengantongi 5,5 juta dosis vaksin produksi Beijing Bio-Institute of Biological Products Co Ltd tersebut.

Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo mengatakan, kedatangan vaksin tersebut merupakan tahap kelima. Adapun, vaksin tiba dengan pesawat Garuda Indonesia GA891.

Vaksin tersebut akan digunakan dalam program vaksin Gotong Royong, yaitu program vaksinasi berbayar untuk perusahaan. "Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 sejumlah 1.184.000 dosis atau setara 592 ribu vial," kata Verdi dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Senin (19/7).

Vaksin tersebut merupakan bagian dari komitmen kerja sama antara Kimia Farma dengan Sinopharm. Setidaknya ada 15 juta dosis vaksin yang akan dikirimkan ke Tanah Air.

Selain itu, pengiriman vaksin dilakukan untuk mengejar target vaksinasi sebanyak 20 juta dosis melalui program Gotong Royong. Adapun, jenis vaksin yang akan digunakan dalam program Gotong Royong ialah Sinopharm, CanSino, Sputnik V, dan Anhui.

"Vaksinasi Gotong Royong adalah pilihan atau opsi tambahan mengakses vaksin bagi korporasi, baik karyawan, keluarga, dan yang terkait," kata Verdi.

Kemudian, pengiriman vaksin dilakukan untuk mencapai target vaksinasi Covid-19 sebanyak 2 juta dosis per hari. Hal ini untuk mencapai kekebalan komunitas serta melindungi WNA di Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...