Kembali ke Bumi, Jeff Bezos Makin Yakin Luncurkan Wisata Luar Angkasa

Fahmi Ahmad Burhan
21 Juli 2021, 10:53
bezos, amazon, luar angkasa
Instagram/JeffBezos
Pendiri Amazon Jeff Bezos berhasil terbang ke luar angkasa pada Selasa (20/7). Usai kembali, ia akan meluncurkan paket wisata luar angkasa dengan tarif US$ 250 ribu.

Pendiri raksasa teknologi Amazon sekaligus orang terkaya di dunia Jeff Bezos telah berhasil terbang ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard dari Blue Origin yang didanainya sebesar US$ 1 miliar atau Rp 14,5 triliun. Usai kembali ke bumi, ia berencana untuk mengembangkan wisata luar angkasa meski dikritik banyak pihak.

Bezos meluncur pada Selasa (20/7) ditemani oleh saudara laki-lakinya yang berusia 50 tahun, Mark. Ia juga ditemani astronot perempuan, Wally Funk dan penumpang lain berusia 18 tahun yang memenangkan lelang Oliver Daemen.

Advertisement

Mereka pergi ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard berbentuk kapsul dengan jendela besar. Wahana ulang alik tersebut telah berhasil mencapai ketinggian 106 km di Garis Karman, sehingga keempatnya mengalami gravitasi nol. 

Bezos menghabiskan sekitar 11 menit dan pulang kembali ke bumi. Di luar angkasa, keempatnya menampilkan pemandangan bumi. "Hari terbaik yang pernah ada," kata Bezos dikutip dari BBC Internasional pada Selasa (20/7).

Lalu, setelah sukses dengan misi penerbangan luar angkasa itu, Bezos menyiapkan berbagai misi lain. Mengutip BBC Internasional, ia berencana untuk mengembangkan wisata luar angkasa. 

Roket New Shepard yang digunakan penerbangan luar angkasa kemarin memang dibuat oleh perusahaan milik Bezos, Blue Origin dengan biaya US$ 1 miliar atau Rp 14,5 triliun untuk mengembangkan Blue Origin. Nantinya, perusahaan ini akan dirancang sedemikian rupa oleh Bezos untuk wisata luar angkasa, bersaing dengan Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) besutan Elon Musk dan Virgin Galactic Holdings.

Blue Origin telah mempersiapkan misi penerbangan luar angkasa dengan mensyaratkan penumpang memiliki tinggi 5-6 kaki dengan berat 110-223 pon. Syarat lainnya, calon penumpang mesti bisa menaiki tujuh anak tangga di menara peluncuran dalam waktu kurang dari 90 detik. Kemudian, calon penumpang mesti bisa terbang selama 90 menit tanpa ke toilet.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement