Dugaan Maladministrasi TWK Pegawai KPK, Ombudsman Akan Surati Jokowi

Rizky Alika
21 Juli 2021, 15:39
kpk, ombudsman, jokowi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko (keempat kiri) dan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Mokhammad Najih (kedua kiri) bersama jajaran pimpinan ORI serta perwakilan 75 pegawai KPK lainnya memberikan keterangan kepada wartawan usai melaporkan dugaan maladministrasi terkait pelaksanaan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK di Jakarta, Rabu (19/5/2021). Ombudsman pada Rabu (21/7) menemukan dugaan maladminsitrasi alih status pegawai KPK

Alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) menuai polemik. Ombudsman Republik Indonesia menemukan maladministrasi dalam alih status pegawai komisi anti rasuah tersebut.

Ketua Ombudsman RI Muhammad Najih mengatakan hasil pemeriksaan tersebut akan disampaikan kepada Ketua KPK Firli Bahuri serta pimpinan KPK. Selain itu, laporan juga akan disampaikan kepada Ketua Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana yang ikut terlibat dalam peralihan status pegawai KPK.

Selain itu, Ombudsman juga akan mengirimkan surat saran kepada Presiden Joko Widodo. "Ini agar temuan maladminstrasi oleh pemeriksaan Ombudsman dapat ditindaklanjuti dan diambil langkah selanjutnya," kata Najih dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (21/7).

Pelanggaran terjadi pada tiga unsur utama. Pertama, rangkaian proses pembentukan kebijakan proses peralihan pegawai KPK menjadi ASN. Kedua, terkait proses pelaksanaan dari peralihan status.

Ketiga, terkait tahap penetapan hasil asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). "Secara umum, maladministrasi dari hasil pemeriksaan memang kita temukan," kata 

Anggota Ombudsman Robert Na Endi Jaweng mengatakan, KPK dan BKN telah melakukan penyimpangan prosedur. Beberapa penyimpangan itu meliputi pembuatan kontrak swakelola dengan tanggal mundur.

Ia mengatakan, kontrak swakelola antara KPK dan BKN ditandatangani pada 20 April 2021. "Namun dibuat dengan tanggal mundur 27 Januari 2021. Tanda tangan di April, tapi dibuat mundur tiga bulan ke belakang," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...