Mulai Hari Ini, Kartu Vaksin Covid Jadi Syarat Naik Kereta di Sumatera

Ameidyo Daud Nasution
29 Juli 2021, 11:38
kereta, vaksin, covid,
ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.
Penumpang memasuki salah satu gerbong kereta api Sri Tanjung di Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (3/6/2021). Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penumpang kereta api di Pulau Jawa dan Sumatera yang berangkat pada April 2021 sebanyak 14,9 juta orang atau naik 4,06 persen dibanding Maret 2021, sedangkan jumlah barang yang diangkut juga mengalami peningkatan 2,13 persen menjadi 4,2 juta ton. PT KAI mulai menerapkan syarat vaksinasi untuk penumpang kereta jarak jauh di Sumatera,

PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) memperluas syarat kartu vaksin Covid-19 kepada pengguna kereta jarak jauh di Sumatera. Mulai Kamis (29/7) mereka yang akan menggunakan transportasi tersebut harus menunjukkan kartu sebagai bukti telah menjalani vaksinasi.

Sebelumnya persyaratan ini hanya berlaku pada perjalanan kereta jarak jauh di Jawa. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan syarat ini adalah penyesuaian terhadap terbitnya Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 58 Tahun 2021 yang megatur syarat perjalanan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4.

“Syarat perjalanan KA jarak jauh di daerah PPKM Level 3 dan 4 adalah kartu vaksin dan hasil tes Covid-19 negatif,” kata Joni dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (29/7).

Selain kartu vaksin, pengguna KA jarak jauh di Jawa dan Sumatera harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Namun syarat tersebut tak berlaku bagi pelanggan di bawah usia 18 tahun. “Mulai 29 Juli, pelanggan usia di bawah 12 tahun akan dibatasi untuk sementara,” kata Joni.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...