Terima 500 Ribu Dosis, RI Kantongi 8 Juta Vaksin Covid-19 Sinopharm

Rizky Alika
3 Agustus 2021, 14:22
vaksin, sinopharm, covid-19
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Petugas medis menunjukkan vaksin sinopharm di Sentra Vaksinasi Gotong Royong Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). Indonesia kedatangan tambahan 500 ribu dosis vaksin Sinopharm pada Selasa (3/8).

Indonesia kembali menerima 500 ribu dosis vaksin Covid-19 Sinopharm pada Selasa (3/8). Dengan tambahan tersebut, total Indonesia telah mengantongi 8 juta dosis vaksin asal Tiongkok itu.

Adapun, Sinopharm digunakan untuk vaksinasi Gotong Royong. Program tersebut diinisiasi oleh pengusaha untuk para karyawan dan keluarga karyawan.

"Kita kedatangan Sinopaharm 500 ribu dosis. Karena sebelumnya sudah menerima 7,5 juta dosis,  maka total menjadi 8 juta dosis vaksin," kata Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury dalam konferensi pers, Selasa (3/8).

Vaksin tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, PT Bio Farma, dan PT Kimia Farma. Ia berharap, tambahan ini bisa meningkatkan capaian vaksinasi per hari. "Jumlah vaksinasi per hari ditargetkan mencapai 2 juta vaksinasi per hari," ujar dia.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani mengatakan, vaksin Gotong Royong sempat mengalami keterbatasan stok. Namun, saat ini jumlah vaksin sudah mencukupi.

"Sudah jauh mencukupi untuk bisa dialokasikan bagi semua perusahaan yang berminat untuk berpartisipasi," kata Shinta.

Untuk itu, Kadin berupaya membantu pemerintah untuk meningkatkan realisasi vaksinasi.  Mereka juga berupaya mengoptimalkan dukungan dan peran serta oleh asosiasi dan Kadin di daerah. "Kadin mendukung penuh setiap langkah dan kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...