Sepekan PPKM Level 4, Rasio Positif dan Tes Covid Belum Capai Target

Ameidyo Daud Nasution
9 Agustus 2021, 15:22
Covid-19, ppkm level 4, tes, rasio positif
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) melakukan tes swab antigen di wilayah pemukiman warga Cianjur, Jawa Barat, Minggu, (25/7/2021). Upaya tersebut dilakukan untuk mengejar target pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menambah target sasaran vaksinasi COVID-19 di Indonesia, dari 181,5 juta orang menjadi 208.265.720 orang

Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir hari ini. Namun Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memperpanjang pembatasan mobilitas tersebut.

Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah rasio positif kasus Covid-19 di Indonesia saat ini. Hal tersebut disampaikan salah satu ahli wabah yang hadir dalam rapat perpanjangan PPKM pada Minggu (8/8) kemarin yakni Iwan Ariawan.

Advertisement

Iwan mengatakan dengan indikator tersebut, Iwan memandang penerapan PPKM sudah lebih objektif dibandingkan dengan kebijakan sebelumnya. "Sebagian besar kabupaten/kota di Jawa-Bali masih di level 4 dan di luar Jawa Bali masih di level 3 dan 4," ujar dia, Senin (9/8).

Adapun hingga hari ini angka positivity rate kasus Covid-19 belum sesuai target pemerintah yakni 5%. Sejak Selasa (3/8) hingga Minggu (8/8) angka rasio positif corona di Indonesia hanya bergerak dengan rentang 22% sampai 26,5%.

Tercatat rasio positif pada Selasa pekan lalu masih mencapai 22,3%. Pada Rabu (4/8), angkanya bahkan meningkat jadi 24,1% sebelum menurun jadi 23,5% keesokan harinya.

Namun rasio tersebut kembali meningkat pada Jumat (6/8) menjadi 26,5% dan menurun jadi 22% pada Sabtu (7/8). Pada hari Minggu kemarin, positivity rate Covid-19 RI turun menjadi 22%.

Adapun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan angka 5% sebagai ambang batas minimal positivity rate. Sedangkan positivity rate merupakan persentase dari jumlah kasus positif Covid-19  dibagi dengan jumlah orang yang menjalani tes atau pemeriksaan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement