5,1 Juta Vaksin Moderna Diberikan ke Masyarakat, Terbanyak di Jawa

Ameidyo Daud Nasution
12 Agustus 2021, 11:47
Moderna, vaksin, Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Paul Sancya/Pool /wsj/cf
Kotak-kotak berisi vaksin Moderna COVID-19 siap untuk dikirim di pusat distribusi McKesson di Olive Branch, Mississippi, Amerika Serikat, Minggu (20/12/2020). Kemenkes telah membuka akses vaksin Moderna kepada masyarakat.

Pemerintah telah resmi membuka akses vaksin Covid-19 merek Moderna kepada masyarakat umum. Akan ada 5,1 juta dosis vaksin asal Amerika Serikat tersebut yang akan digunakan warga.

Hal tersebut termaktub dalam Surat Edaran bernomor SR.02.06II/2025/2011 yang ditandatangani Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu pada 4 Agustus lalu.

“Vaksin Covid-19 Moderna diberikan kepada peserta yang belum pernah mendapatkan vaksinasi,” bunyi poin ketiga surat tersebut seperti ditulis pada Kamis (12/8).

 Tiga provinsi yang akan menerima pasokan vaksin Moderna terbesar adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yakni masing-masing 500 ribu dosis. Secara total, Pulau Jawa menerima alokasi terbanyak untuk masyarakat umum yakni sebanyak 2,1 juta dosis. 

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi beralasan wilayah tersebut diberikan alokasi terbesar karena bagian dari rencana pemerintah memacu vaksinasi di tujuh aglomerasi Jawa dan Bali.

“Ini juga sudah mempertimbangkan termasuk laju penularan (Covid-19),” kata Nadia kepada Katadata.co.id. 

Pemberian vaksin Moderna akan diberikan sebanyak dua kali kepada 2,5 juta penduduk dengan interval empat minggu. Adapun vaksinasi dengan merek ini mulai dilakukan pada pekan kedua Agustus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...