Kado HUT RI, Kementerian PUPR Akan Resmikan Empat Bendungan Baru

Ameidyo Daud Nasution
15 Agustus 2021, 15:13
hut ri, bendungan, pupr
ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.
Pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan proyek pembangunan Bendungan Bendo di Desa Ngindeng, Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (17/4/2021). Progres pembangunan Bendungan Bendo yang diproyeksikan mampu mengairi lahan pertanian seluas 73 ribu hektare dan pengendali banjir tersebut saat ini telah mencapai sekitar 91 persen dan rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo antara Juni-Juli 2021.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meresmikan empat bendungan sebagai kado HUT RI ke-76. Empat bendungan tersebut adalah Bendungan Way Sekampung di Lampung, Bendo di Jawa Timur, Paselloreng di Sulawesi Selatan serta Bendungan Kuningan di Jawa Barat.

Tak hanya itu, Kementerian tersebut juga akan meresmikan satu bendung yakni Gilireng sebagai bagian dari jaringan irigasi Bendungan Paselloreng. Menteri PUPR Basuki hadimuljono mengatakan empat bendungan merupakan bagian Proyek Strategis Nasional.

Advertisement

Dengan keberadaan bendungan baru, maka petani bisa menambah kegiatan penanaman menjadi dua sampai tiga kali dari sekali setahun. “Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasi,” kata Basuki, Minggu (15/8) dikutip dari Antara.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengatakan pihaknya masih menunggu arahan Istana Kepresidenan mengenai waktu peresmian. Namun mereka telah siap meresmikan keempat bendungan pada Agustus.

“Saat ini Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) di Ditjen Sumber Daya Air sedang merapihkan,” kata Endra.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampugn 68 juta meter kubik dan akan menyediakan air untuk 72.707 hektare daerah irigasi. Bendungan Bendo akan dimanfaatkan untuk meningkatkan irigasi 7.800 hektare di Ponorogo dan Madiun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement