Jokowi: Pandemi Ajarkan Kita Gas dan Rem Antara Ekonomi-Kesehatan

Abdul Azis Said
16 Agustus 2021, 11:00
Jokowi, gas rem, covid-19
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo membacakan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR pada Senin (16/8)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan penanganan pandemi Covid-19 tidak akan menahan agenda-agenda besar pemerintah lainnya. Bahkan Jokowi mengatakan pagebluk mengajari Indonesia menyeimbangkan penanganan aspek kesehatan dan ekonomi.

"Pandemi telah mengajarkan kepada kita untuk mencari titik keseimbangan antara gas dan rem, keseimbangan antara kepentingan kesehatan dan perekonomian." kata Jokowi. dalam pidato kenengaraannya dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Senin (16/8).

 Jokowi memerinci beberapa agenda yang juga tetap menjadi prioritas antara lain, pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, pembangunan infrastruktur, hingga reformasi struktural ekonomi.  Hal ini untuk mencapai perekonomian yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

"Walaupun kita sangat berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun." 

Reformasi ekonomi bukan hanya untuk mendongkrak perekonomian namun juga mendukung penciptaan lapangan pekerjaan baru. Karena itu Presiden memastikan pandemi tidak akan menghambat proses reformasi struktural ekonomi nasional.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...