BNPT Waspadai Adanya Pihak yang Manfaatkan Isu Taliban di Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
20 Agustus 2021, 14:00
Taliban, bnpt, terorisme, afghanistan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol Boy Rafli Amar berjalan meninggalkan ruangan usai mengikuti upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Presiden secara resmi melantik Irjen Pol Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta masyarakat mawas dalam merespons isu Taliban di Afghanistan. Ini lantaran dari pemantauan mereka, ada pihak-pihak yang berusaha menggalang simpatisan dari konflik ini.

Kepala BNPT Komisaris Jenderal Pol Boy Rafli Amar mengatakan persoalan yang terjadi di Afghanistan dalam persoalan dalam negeri negara tersebut. Dia juga mengingatkan agar pergerakan yang terjadi di sana tak boleh terjadi di Indonesia.

"Kita harus berhati-hati dalam menyikapi perkembangan di Afghanistan yang dilanda konflik berkepanjangan. Jangan sampai masyarakat salah bersimpati," kata Boy seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/8).

 Meski tak berafiliasi dengan jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), namun Boy melihat Taliban dalam pergerakannya terjebak dalam perbuatan kekerasan. Hal ini yang menurutnya tak sesuai dengan Indonesia.

"Jangan dijadikan role model bagi anak muda karena bertentangan dengan falsafah dan ideologi kita, Pancasila," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...