Jokowi: Jika Tak PPKM, Kasus Covid-19 RI Bisa 160 Ribu pada September

Ameidyo Daud Nasution
20 Agustus 2021, 16:20
jokowi, covid-19, corona
Youtube/ Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo menyatakan penularan Covid-19 saat ini sulit diperkirakan dengan cara apapun. Bahkan, jika tak dihentikan, kasus corona bisa melonjak hingga 160 ribu per hari pada September mendatang.

Padahal lonjakan kasus Covid-19 harian sempat menurun hingga 3.500 kasus pada 18 Mei lalu. Namun, munculnya varian Delta di sejumlah wilayah membuat jumlah pasien tiba-tiba melonjak hingga 56 ribu sehari.

Hal ini yang membuat Jokowi akhirnya mengambil kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 3 Juli lalu dan berlanjut PPKM Level 1-4 saat ini.

"Tim di kanan dan kiri saya sampai bilang kalau tidak bisa dihentikan, Agustus kasusnya bisa mencapai 80 ribu, September 160 ribu. Bisa di atas India," kata Jokowi saat pengarahan kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur, Kamis (19/8).

Bahkan Presiden sampai memerintahkan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kapolri agar fokus saja menangani Covid-19. Ini agar lonjakan penularan tidak bertambah besar.

Presiden lalu mengingatkan para kepala daerah yang hadir untuk tetap waspada dengan pergerakan Covid-19 yang sulit ditebak ini. Apalagi virus ini kerap bermutasi sehingga bisa meledak dalam jumlah besar.

"Terutama Jatim karena penduduknya besar, Pangdam, Kapolda, Kapolres, Dandim, dan Danrem agar memperhatikan isolasi terpusat. Kurangi isolasi mandiri," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...